The secret of " Valentine's Day..."

Friday, February 13, 2009
Coba tebak ada apa dengan tanggal 14 februari?! Remaja mana sih yang gak tahu arti tanggal 14 februari?! Tentunya sebagian remaja akan menyambut kedatangan tanggal dengan simbol warna "pink" itu dengan suka hati iya kan?! Hal ini ga cuma di alami oleh remaja kota aja lho... Tapi anak-anak daerahpun bahkan anak-anak desa udah terkena hari "pink" itu...

Orang menyebut tanggal 14 febuari sebagai "valentine's day". Yang katanya adalah hari kasih sayang atau mereka sering menyebutnya hari anak muda. Ya... Mentang-mentang katanya "hari kasih sayang" sering dijumpai remaja merayakan beramai-ramai dengan mengunjungi tempat rekreasi, nongkrong, bahkan ada pula yang merayakannya dengan pesta-pesta.

Bicara masalah valentine's day sering sekali terlihat remaja disekitar kita yang sibuk mikirin sesuatu untuk pacar,sahabat,atau teman. Mereka pikir dengan saling memberi sesuatu di hari itu dapat menambah rasa sayang. Oh ya..?!!

Memang islam mengajarkan kita untuk saling memberi sesuatu agar kita semakin saling menyanyangi. Bahakan disebuah hadis diriwayatkan : " Tidak beriman seseorang yang tidak mencintai saudaranya seperti mencintai dirinya sendiri ". Nah, kalau begitu apakah kita cuma mengungkapkan rasa sayang kita dalam 1 hari itu saja?! Jawabannya tentu "TIDAK". Kalau kasih sayang hanya kita berikan dihari valentine saja, dan hari berikutnya tidak ada kasih sayang. Bagaimana mungkin rasa sayang kita akan bertambah setelah hari valentine. Ya gak?!

Cokelat...?!! Wah...enak tuh... Makanan kecil itu pasti naik daun ketika hari valentine akan tiba. Di toko-toko sampai dipinggir jalan. Tapi kenapa sih kok mesti cokelat yang kita kasih kepada orang spesial kita?! Pengin tahu hubungan cokelat dengan valentine. Pantengin aja yah..!!!

* The Story of Valentine's Day *
Do you know the story of valentine's day?!! Pasti sebagian dari remaja belum banyak yang tahu. Sejak kapan sich munculnya valentine's day?! Dan bagaimana sih ceritanya..?!
Nah...dalam buku berjudul "THE WORLD BOOK ENCYCLOPEDIA", Vol.20 menyebutkan bahwa perayaan Lupercalia adalah upacara pensucian di masa Romawi Kuno ( 13-18 februari). Dua hari pertama dipersembahkan untuk Dewi cinta Juno Februata. Pada hari itu para pemuda mengundi nama-nama gadis di dalam kotak tersebut. Lalu mengambilnya secara acak, dan nama gadis yang keluar harus menjadi pasangannya selama setahun hanya untuk bersenang-senang dan menjadi objek hiburan saja.
Terus ketika agama kristen katolik masuk Roma, mereka membudayakan ini dan mewarnainya dengan nuansa kristiani, anatara lain dengan mengganti nama gadis dengan nama paus atau pastor. Nah...sejak saat itulah Paus Gelasius 1 menjadikan hari perayaan gereja dengan nama Saint Valentine's Day untuk menghormati St. Valentine yang kebetulan meninggal pada tanggal 14 februari.

By the way setelah kita tahu ceritanya ternyata coklat tuh ga ada hubungannya... Jangan sampai deh kita cuma ikut-ikutan aja berati kamu terkena virus budaya barat. Artinya secara tidak langsung kamu telah mengikuti agama lain. Bukankah Alloh telah mengatakan: " Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidah mengetahui tentangnya. Sesungguhnya pendengaran,penglihatan,dan hati, semuanya akan diminta pertanggung jawabannya."( Q.S Al-Isra' : 36).

*Hukum Merayakan Valentine's Day*
Emang sih,siapa sih yang gak tergiur untuk merayakannya?! but, dalam islam mengikuti kebiasaan,tradisi,adat,keyakinan,tata cara peribadatan orang kafir itu sangat dicela. Hal itu dilarang Alloh dan RosulNYA.
" Barang siapa yang meniru suatu kaum, maka ia termasuk dari kalangan orang tersebut".( H.R. Tirmidzi )

Berati bila seorang muslim merayakan valentine untuk mengenang valentine,maka para ulama mengatakan kafir. But,jika melakukannya tidak bermaksud yang demikian,berarti dia telah melakukan kemungkaran. Misalnya saja cuma sekedar memberi ucapan selmat valentine atau sekedar memberi cokelat dengan maksud merayakan valentin.
So, kata Syaikh Al-Utsaimin "merayakan valentine's day ga boleh because :
1. Itu merupakan hari raya Bid'ah yang tidak ada dasar hukumnya dalam islam.
2. Itu dapat menyebabkan hati sibuk dengan perkara-perkara rendahan yang sangat bertentangan dengan ajaran islam.

Yang mesti kita tahu... Orang-orang yahudi dan nasrani itu tidak akan senang kepada orang islam,kecuali kalau kita mau mengikuti ajaran mereka,mengikuti kebiasaan mereka. Artinya kalau jangan sampai kita merayakan acara valentine day. Ok! Karena, "TIDAK ADA PERAYAAN VALENTINE'S DAY DALAM AJARAN ISLAM "titik" !!!!
Wallohu A'lam bi Asy-syowab.

No comments: